Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat-Perangkat Komputer di SMP Kartika 1-6 Padang

Erni, Yusnita and Azrita, Azrita and Hendra, Hidayat (2015) Penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perangkat-Perangkat Komputer di SMP Kartika 1-6 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
77.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar TIK siswa yang menerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Togethe) dan hasil belajar TIK siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Kartika 1-6 Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara suporsive sampling. Karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata terpenuhi maka yang sebagai kelas sampel adalah kelas VII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Data pada penelitian ini adalah hasil belajar TIK siswa yang diperoleh dengan memberikan tes pada kedua kelas sampel. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji-t pada taraf   0,05 . Dari perhitungan diperoleh = 5,77 dan = 1,67. Karena > , maka hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95% sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) lebih baik dengan nilai rata-rata 61,94 dari pada hasil belajar TIK siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata 58,48. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar guru TIK dapat menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran NHT (Numbered Heads Together). Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2024 08:04
Last Modified: 13 Nov 2024 08:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23480

Actions (login required)

View Item View Item