Pengkajian Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Simulasi Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Dasar Jaringan Komputer Di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Dewi, Sartika and Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng, Ayu Bidiawati JR, S.T., M.Eng and Karmila, Suryani (2015) Pengkajian Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Simulasi Packet Tracer Pada Mata Pelajaran Dasar Jaringan Komputer Di SMKN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
39.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Jaringan Komputer siswa kelas X Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 1Kinali Kabupaten Pasaman Barat, merupakan hal yang paling mendasar penilaian dimana 47 % siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM yang ditetapkan sekolah pada mata pelajaran Dasar Jaringan Komputer yaitu 75 dengan rentang nilai 0–100. Penelitiaan dilakukan untuk mengungkapkan hubungan pendekatan aplikasi Packet Tracer terhadap hasil belajar siswa pada ranah kognitif dan spikomotoris. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 92 orang dan sampel berjumlah 30 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (Simple random sampling), dengan dilakukan uji homogen, uji normalitas dan uji kesamaan ratarata. Data hasil belajar siswa diperoleh dari guru mata pelajaran Dasar Jaringan Komputer, Sedangkan data pendekatan aplikasi Packet Tracer dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dianalisis menggunakan metode statistik dengan bantuan software SPSS versi 17. Hasil analisis data menunjukkan: (1) Pemanfaatan Pendekatan aplikasi Packet Tracer dalam pembelajaran Dasar Jaringan Komputer memberikan koefisien peningkatan sebesar 12,75%, terhadap hasil belajar; (2) Pendekatan aplikasi packet tracer mempengaruhi peningkatan sebesar 26% terhadap hasil belajar siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pendekatan aplikasi Packet Tracer dalam proses belajar mengajar maka akan mempengaruhi terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Dasar Jaringan Komputer. Kata Kunci : Pendekatan aplikasi Packet Tracer, Hasil Belajar, Deskriptif Korelasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Nov 2024 04:12
Last Modified: 15 Nov 2024 04:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23507

Actions (login required)

View Item View Item