Ika, Anggraini and Karmila, Suryani and Ashabul, Khairi (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMP N 2 2X11 Kayutanam. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
57.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan masih rendahnya hasil belajar siswa kelas VII SMP N 2 2X11 Kayutanam. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena kurangnya keaktifan siswa dalam belajar, kebanyakan dari siswa hanya menerima saja apa yang disampaikan oleh guru tanpa adanya respon atau tanggapan dari dari siswa. Oleh karena itu guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengungkap pengaruh penerapan model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di SMP 2 2X11 Kayutanam. Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experimental design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP N 2 2X11 Kayutanam. Teknik penentuan sampel yaitu dengan menggunakan teknik simple random sampling sehingga didapat kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar siswa diperoleh melalui tes akhir berupa soal essay sebanyak 11 butir soal dan dilakukan uji-t maka diperoleh sig 0,823 dan α 0,05, karena sig > α maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf 95%. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar TIK dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw lebih baik dibanding kelas kontrol. Kata Kunci : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Quasi Experimental Design
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 18 Nov 2024 03:59 |
Last Modified: | 18 Nov 2024 03:59 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23536 |
Actions (login required)
View Item |