PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP N 3 PADANG

Yelmi, Candra and Zulfa, Amrina and Gufron, Gufron (2015) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP N 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
64.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII SMP N 3 Padang, dimana 69,68 % siswa mendapatkan hasil belajar dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas VIII SMP N 3 Padang lebih baik setelah diterapkan Strategi Active Learning tipe Learning Starts With A Questions. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen. Populasi penelitian semua kelas VIII SMP N 3 Padang dan Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.2 sebanyak 31 orang sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya dengan menggunakan strategi active learning tipe learning starts with a question dan kelas VIII.4 dengan pembelajaran konvensional sebanyak 31 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menerapkan strategi active learning tipe learning starts with a question memiliki rata-rata nilai (61,29) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional (35,48). Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t = 2,12 dan t = 1,67. Karena t > t maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga dapat di simpulkan siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe learning starts with a question agar dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk meningkatkan hasil belajar teknologi informasi dan komunikasi siswa. Kata Kunci : Learning Starts With A Questions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Nov 2024 04:24
Last Modified: 18 Nov 2024 04:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23543

Actions (login required)

View Item View Item