RAHMAT, HIDAYAT.SY and Khairudin, Khairudin and ERIL, SYAHMAIDI (2015) Pengembangan Media Audiovisual Pada Pokok Bahasan Mengaktifkan dan Melakukan Operasi Dasar Aplikasi Pengolah Kata Jurusan TKJ Untuk Kelas X SMK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
13.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian ini dilakukan karena belum adanya pengembangan media audiovisual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media audiovisualyang validdan praktis pada pokok bahasan mengaktifkan dan melakukan operasi dasar aplikasi pengolah kata jurusan TKJ di SMKN 1 muara Bungo.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Uji coba produk yang dilakukan terdiri dari dua tahap yaitu validasi ahli dilakukan untuk melihat apakah media pembelajaran yang dibuat sudah valid atau tidak melalui lembaran validasi, setelah melakukan uji validasi oleh dua validator diperoleh hasil bahwa media audiovisual valid sebesar 89,58%. selanjutnya dilakukan uji coba untuk mengetahui respon siswa terhadap media audiovisual dengan menggunakan angket praktikalitas siswa. Adapun subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1Muara Bungo yang berjumlah 27 orang. Setelah melakukan uji coba, maka diperoleh hasil bahwa praktikalitas terhadap mediaaudiovisual yang praktis sebesar 88,27%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audiovisual pada pokok bahasan mengaktifkan dan melakukan operasi dasar aplikasi pengolah kata adalah valid. Penulis menyarankan agar guru SMKN 1 Muara Bungo dapat menggunakan media audiovisual untuk materi yang telah dikembangkan. Kata Kunci : Media Audiovisual, Valid, Metode R&D
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:08 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:08 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23581 |
Actions (login required)
View Item |