Fegi, Ledy Sandi and Gusmaweti, Gusmaweti and Riska, Amelia (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) Untuk Materi Pelajaran Algoritma Pemograman Tingkat Dasar Kelas X Di SMK Negeri 2 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
18.pdf Restricted to Repository staff only Download (37MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) untuk materi algoritma pemograman tingkat dasar yang valid dan praktis bagi siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan, dengan menggunakan jenis penelitain Research and Development (R and D). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Padang yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Populasi penelitian pada uji coba media pembelajaran dilakukan pada uji coba terbatas yaitu hanya 1 kelas dari siswa kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak di SMKN 2 Padang. Penelitian ini menggunakan 1 kelas dikarenakan hanya 1 kelas yang bisa mengikuti uji coba media pembelajaran. Jumlah sampel sebanyak 20 orang siswa yang berasal dari 1 kelas. Cara pengambilan subjek menggunakan teknik proposif, sampel dicari oleh guru (bantuan guru). Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk persentase. Dari analisis data diperoleh hasil validitas dan praktikalitas sebagai berikut : hasil uji validitas pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) di sekolah menengah kejuruan dengan presentase (92,60%) dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji praktikalitas pengembangan media pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) di Sekolah Menengah Kejuruan dengan tingkat kepraktisan media oleh guru pada kategori praktis dengan presentase (80,24%) dan tingkat kepraktisan media oleh siswa pada kategori sangat praktis dengan presentase (90,64%). Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Computer Assisted Learning (CAL) di sekolah menengah kejuruan yang digunakan oleh guru dan disaksikan sekaligus dipelajari oleh siswa, berhasil dikembangkan dengan kategori valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 08:24 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 08:24 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23586 |
Actions (login required)
View Item |