Lisa, Fitri and Rona, Taula Sari and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV TEMA 6 SDN 30 LUBUK LINTAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
70. LISA 1610013411023 COVER.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text
70. LISA 1610013411023 ABSTRAK.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
70. LISA 1610013411023 BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
Text
70. LISA 1610013411023 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
Text
70. LISA 1610013411023 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
Text
70. LISA 1610013411023 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
||
Text
70. LISA 1610013411023 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
70. LISA 1610013411023 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi Cita-citaku. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, Modul divalidasi oleh 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,1. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD sangat valid digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : Modul, IPA, PBL
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 07:31 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 07:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2366 |
Actions (login required)
View Item |