PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV TEMA 6 SDN 30 LUBUK LINTAH

Lisa, Fitri and Rona, Taula Sari and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV TEMA 6 SDN 30 LUBUK LINTAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
70. LISA 1610013411023 COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 BAB I.pdf

Download (322kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
70. LISA 1610013411023 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 dengan materi Cita-citaku. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Pada proses validasi, Modul divalidasi oleh 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli media. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,1. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA untuk kelas IV SD sangat valid digunakan sebagai salah satu bahan pembelajaran. Kata kunci : Modul, IPA, PBL

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:31
Last Modified: 04 Jan 2021 07:31
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2366

Actions (login required)

View Item View Item