Serli, Erlina and Erman, Har and M., Tamrin (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA TEMA 6 UNTUK KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
|
Text
77. SERLI 1610013411100 Cover.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
77. SERLI 1610013411100 Abstrak.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
77. SERLI 1610013411100 BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text
77. SERLI 1610013411100 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text
77. SERLI 1610013411100 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
77. SERLI 1610013411100 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (607kB) |
||
Text
77. SERLI 1610013411100 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
77. SERLI 1610013411100 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas IV yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan modivikasi model 3-D yaitu terdiri dari tahap define,design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi,1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh 3,51 dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 3,2 dengan kategori valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 3,45 dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas IV yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,38 dengan kategori valid.Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 6 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 89,73 % dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 88,19 % dengann kriteria praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA dengan pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata kunci : Pengembangan Modul, IPA, Konstruktivisme
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 07:52 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 07:52 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2373 |
Actions (login required)
View Item |