PENGEMBANGANMODUL TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK PADA TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN 34 PASAR BARU

Rahmi, Gusti Asdar and Pebriyenni, Pebriyenni and Ira, Rahmayuni Jusar (2021) PENGEMBANGANMODUL TEMATIK BERBASIS SAINTIFIK PADA TEMA 6 ENERGI DAN PERUBAHANNYA SUBTEMA 1 SUMBER ENERGI PADA SISWA KELAS III SDN 34 PASAR BARU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (394kB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
80. RAHMI 1610013411067 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis saintifik untuk kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (penelitian dan pengembangan). Modul pembelajaran tematik berbasis saintifik ini dikembangkan dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, develop, dan Disseminate), yang dibatasi sampai tahap develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Rancangan modul yang telah dibuat divalidasi oleh tiga dosen ahli kemudian diuji cobakan untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Hal ini menunjukkan bahwa modul ini berada pada kategori valid oleh tiga dosen ahli, yaitu dengan nilai validitas 87,14% oleh dosen ahli materi, 97,91% oleh dosen ahli bahasa, dan 85,41% oleh dosen ahli desain, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli yaitu 94,4% pada kategori sangat valid. Modul yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh pendidik dan sangat praktis oleh peserta didik dengan rata-rata persentase kepraktisan 95% dan 95%. Hal ini menujukkan bahwa modul berbasis saintifik yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas III SD. Dengan adanya modul ini diharapkan peserta didik dapat belajar mandiri dalam proses pembelajaran. Kata kunci : Modul Tematik, Berbasis Saintifik, Valid dan Sangat Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2021 08:03
Last Modified: 04 Jan 2021 08:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2376

Actions (login required)

View Item View Item