PELAKSANAAN PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PERKARA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DI POLSEK KURANJI KOTA PADANG

IRMA, WULANDARI (2016) PELAKSANAAN PENERAPAN RESTORATIVE JUSTICE DALAM PERKARA ANAK SEBAGAI PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN DI POLSEK KURANJI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
SKRIPSI IRMA WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Restorative Justice adalah perlakuan proses yang seimbang antara sipelaku dan sikorban. Restorative Justice diatur dalam Pasal 5 UU No 11 Tahun 2012 tentang SPPA, kasus pencurian sepeda motor oleh anak yang diselesaikan secara Restorative justice dengan cara ganti kerugian di Polsek Kuranji. Rumusan masalah: 1)Bagaimanakah Pelaksanaan Penerapan Restorative Justice terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian di Polsek Kuranji Kota Padang? 2) Apakah Kendala – kendala bagi Polsek Kuranji Kota Padang dalam pelaksanaan penerapan Restorative Justice terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian? Pendekatan penelitian yuridis sosiologis. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data adalah wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Simpulan hasil penelitian 1) Pelaksanaan penerapan restorative justice dalam perkara anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian di Polsek Kuranji, telah dilaksanakan dengan baik karna telah ada ganti kerugian yang diberikan oleh pelaku kepada sikorban sesuai dengan kerugian yang dialami sikorban2) Kendala – kendala bagi Polsek Kuranji Kota Padang dalam pelaksanaan penerapan Restorative Justice terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana pencurian adalah sulitnya anak dalam memberikan keterangan kepada pihak kepolisian. Kata kunci: Restorative Justice, Pencurian, Anak,Pelaku

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: andi rahman
Date Deposited: 17 Jan 2025 03:56
Last Modified: 17 Jan 2025 03:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/23915

Actions (login required)

View Item View Item