PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI SDN 48 KURANJI PADANG

Rahmatul, Hasni and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI SDN 48 KURANJI PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 COVER.pdf

Download (95kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (722kB)
[img] Text
82. RAHMATUL 1210013411011 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika khususnya pada kelas IV di SDN 48 Kuranji Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV dalam mengajukan pertanyaan, berdiskusi kelompok dan untuk meningkatkan hasil belajar pada aspek kognitif (pemahaman) siswa kelas IV. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 48 Kuranji Padang, yang berjumlah 25 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa partisipasi belajar siswa mengajukan pertanyaan yaitu 24% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada siklus II, partisipasi belajar siswa berdiskusi kelompok yaitu 26% pada siklus I meningkat menjadi 82% pada siklus II, dan persentase hasil belajar pada aspek kognitif (pemahaman) siswa yaitu dari 75% pada siklus I meningkat menjadi 81% pada silklus II. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran Matematika melalui pembelajaran kooperatif tipe numbered together di SDN 48 Kuranji Padang dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. Kata kunci: Pembelajaran Matematika, Numbered Head Together, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 01:52
Last Modified: 06 Jan 2021 01:52
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2413

Actions (login required)

View Item View Item