Selvia, Triana and Pebriyenni, Pebriyenni and Yusrizal, Yusrizal (2020) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN SUMATERA BARAT DALAM MENGAWASI PELAYANAN PUBLIK DI KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) ABSTRAK.pdf Download (107kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) BAB I.pdf Download (134kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (95kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) COVER.pdf Download (89kB) |
|
Text
4 SELVIA TRIANA (1510013311011) DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (129kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Peran Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat Dalam Mengawasi Pelayanan Publik Di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan ialah lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai lembaga pengawas pelayanan publik, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat berperan dalam menerima dan menyelesaikan pengaduan masyarakat mengenai dugaan maladministrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan kewenangan Ombudsman dalam mengawasi bentukbentuk maladministrasi. Pengaduan dugaan maladministrasi dapat masyarakat sampaikan kepada Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Barat dengan berupa laporan langsung di kantor Ombudsman atau melalui media seperti email, instagram, twitter, facebook sesuai dengan aturan yang berlaku. Hambatanhambatan yang dihadapi oleh Ombudsman dalam melakukan proses penyelesaian suatu laporan masyarakat terkait dugaan maladministrasi yaitu jumlah sumber daya manusia yang belum memadai dan terlapor yang kurang kooperatif serta dokumentasi yang memerlukan waktu sehingga hambatan tersebut menambah waktu penyelesaian dari laporan masyarakat, namun hambatan tersebut dapat dihadapi dengan baik dan menjadi pembelajaran bagi kinerja Ombudsman kedepannya. Upaya yang dilaksanakan oleh Ombudsman dalam upaya pencegahan meluasnya praktik maladministrasi dalam pelayanan publik yaitu dengan mengadakan sosialisasi, edukasi dan kajian serta mengadakan kegiatan Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) on the spot pada tempat penyelengaraan pelayanan publik yang banyak dikunjungi oleh masyarakat guna memudahkan masyarakat dan mengenalkan lebih luas tentang adanya Ombudsman sebagai lembaga negara pengawas pelayanan publik dan Ombudsman melakukan kerjasama dengan beberapa pihak untuk meningkatkan partisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan pelayanan publik di Kota Padang. Kata Kunci : Maladministrasi, Ombudsman, Pelayanan Publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Putri Pustaka |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 08:50 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 01:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/243 |
Actions (login required)
View Item |