PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL TUTORIALDALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU UNTUK KELAS IV SD

Rido, Afrineldi and Hendra, Hidayat and Arlina, Yuza (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MODEL TUTORIALDALAM PEMBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU UNTUK KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
89. RIDO 1610013411082 COVER.pdf

Download (165kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
89. RIDO 1610013411082 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (280kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model tutorial pada pembelajaran IPA Tema 6 Cita-citaku untuk kelas IV SDN 12 V Koto Timur yang memenuhi kriteria yang sangat valid. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan( Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap developyakni sampai pada tahap validitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi. Media pembelajaran interaktif berbasis model tutorial pada pembelajaran IPA divalidasi oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru kelas IV SDN 12 V Koto Timur. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model tutorial dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspireuntuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0,91 dari aspek materi, 0,82 dari aspek media, serta 0,86 dari aspek penilaian guru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis model tutorial memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran IPA khususnya dikelas IV untuk Tema 6 Cita-citaku di Sekolah Dasar. Dengan demikian diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran pada saat di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas untuk menghasilkan media pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Katakunci : pengembangan, media pembelajaran interaktif IPA, model tutorial, lectora inspire

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:40
Last Modified: 06 Jan 2021 02:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2430

Actions (login required)

View Item View Item