PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 26 PASAR AMBACANG PADANG

Fitkhoneri, Rosba and Syofiani, Syofiani and Zulfa, Amrina (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COURSE REVIEW HORAY DI SDN 26 PASAR AMBACANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (682kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 26 Pasar Ambacang Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang dikemukakan Taufina dan Muhammadi dan Nana Sudjana tentang hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 26 Pasar Ambacang berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi keterampilan berbicara siswa, dan lembar hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata keterampilan berbicara siswa pada siklus I adalah 67,99 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 75,35. Rata-rata keterampilan berbicara siswa pada siklus II lebih tinggi daripada siklus I. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 61,67 meningkat menjadi 79,66 pada siklus II. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SDN 26 Pasar Ambacang Padang setelah menggunakan model Course Review Horay. Dengan demikian, disarankan kepada guru agar menggunakan model ini tidak hanya untuk materi bahasa Indonesia tapi juga untuk materi pembelajaran yang lainnya. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Model Course Review Horay.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 11 Feb 2025 04:03
Last Modified: 11 Feb 2025 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24362

Actions (login required)

View Item View Item