PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V-B SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG

FITRI, RAMADHANI and Gusmaweti, Gusmaweti and Ira, Rahmayuni Jusar (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI KELAS V-B SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui model Cooperative Script di kelas V-B SD Negeri 35 Pagambiran Padang, Kecamatan Lubuk Begalung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing- masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ujian akhir siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-B SD Negeri 35 Pagambiran, yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian ranah afektif siswa, lembar penilaian hasil belajar siswa, catatan lapangan, dan kamera. Berdasarkan dari hasil penelitian, persentase siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I ranah kognitif (C1) dari 46,15% meningkat pada siklus II menjadi 84,38%, dan (C2) dari 30,76% meningkat menjadi 84,61%. Rata-rata hasil belajar ranah kognitif siklus I 55,35 meningkat pada siklus II menjadi 76,90. Hal ini berarti pembelajaran IPA dengan menggunakan model Cooperative Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V-B SD Negeri 35 Pagambiran Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model Cooperative Script dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPA, Cooperative Script

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:04
Last Modified: 03 Mar 2025 02:04
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24365

Actions (login required)

View Item View Item