PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPSBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Raudia, Rahmadani and Pebriyenni, Pebriyenni and Ade, Sri Madona (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPSBERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 COVER.pdf

Download (31kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 ABSTRAK.pdf

Download (150kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 BAB I.pdf

Download (307kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (884kB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
98. RAUDIA 1610013411146 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Alternatf untuk kelas IV Sekolah Dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif divalidasi oleh 3 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 5 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif untuk siswa kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan persentase 85% dari aspek bahasa, 81,66% dari aspek materi, 96,66% dari aspek tampilan. dan kriteria kepraktisan dengan nilai 96,15% dari praktisi guru, 87,50% dari praktisi siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPS berbasis multimedia interaktif memuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPS di kelas IV sekolah dasar. Kata kunci : media pembelajaran IPS, multimedia interaktif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:19
Last Modified: 07 Jan 2021 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item