PENINGKATAN AKTIVITAS BERDISKUSI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG

Mardi, Yandra and MARSIS, MARSIS and Ira, Rahmayuni Jusar (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS BERDISKUSI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI DI SDN 35 PAGAMBIRAN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- bab i.pdf

Download (770kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas berdiskusi siswa di kelas IV B SDN 35 Pagambiran Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas berdiskusi dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 35 Pagambiran Padang dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Inkuiri. Acuan model pembelajaran Inkuiri diambil dari buku Model pembelajaran Inkuiri menurut Istarani (2012:132) yang dikutip melalui Usman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, sesuai dengan yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Sumber data adalah siswa kelas IV B SDN 35 Pagambiran Padang yang berjumlah 26 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas diskusi siswa, lembar penilaian aktivitas guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas berdiskusi siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Aktivitas bertanya dalam berdiskusi pada siklus I (53,84%) dan pada siklus II meningkat (84,61%) dengan rata-rata persentase (69,22%), aktivitas mengemukakan pendapat dalam berdiskusi pada siklus I (49,99%) dan pada siklus II meningkat (84,61%) dengan rata-rata persentase (67,30%). Dan hasil penelitian aktivitas guru dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan. Aktivitas guru pada siklus I (77,08%) dan pada siklus II meningkat (89,58%) dengan rata-rata persentase (83,33%). Sedangkan tentang hasil belajar siswa dalam dua siklus, terlihat bahwa pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 11 orang (42,31%) dan siswa yang belum mencapai KKM ada 15 orang (57,69%) dengan nilai rata-rata 71,15. Dan pada siklus II siswa yang mencapai KKM ada sebanyak 21 orang (80,76%) dan siswa yang belum mencapai KKM hanya 5 orang (19,23%) dengan nilai rata- rata 83,84. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas berdiskusi dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 35 Pagambiran Padang setelah menggunakan model Inkuiri. Kata kunci: aktivitas berdiskusi, hasil belajar, pembelajaran bahasa Indonesia, model inkuiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 06 Mar 2025 03:10
Last Modified: 06 Mar 2025 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24483

Actions (login required)

View Item View Item