PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SD NEGERI 13 KAMPUNG KANDANG KOTA PARIAMAN

Nety, Wartini and Gusnetti, Gusnetti and Ira, Rahmayuni Jusar (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SD NEGERI 13 KAMPUNG KANDANG KOTA PARIAMAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab 1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
fuull teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siswa kelas IV SD Negeri 13 Kampung Kandang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendapat Nurhadi (2003:39) yang menyatakan bahwa langkah pembelajaran yang harus dilalui dalam menerapkan pembelajaran konstruktivisme di dalam kelas antara lain : pengaktifan pengetahuan yang ada, hal ini bisa dimulai dengan pengamatan gambar dan tanya jawab, pemerolehan pengetahuan baru (konsep baru), pemahaman pengetahuan dengan penyelidikan, menerapkan pengetahuan dan pengalaman, melakukan refleksi. Penilaian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah penilaian hasil (kognitif) dan rambu-rambu lembaran pengamatan penggunaan pendekatan konstruktivisme dari aspek guru dan siswa. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diadakan tes yang dianalisis dengan menggunakan penilaian dengan tolok ukur keberhasilan kelas minimal 70%. Hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme pada siklus I dan II mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata pada siklus I diperoleh rata-rata 69,4 dan pada siklus II rata-rata 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 13 Kampung Kandang Kota Pariaman. Kata kunci: hasil belajar, pendekatan konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2025 02:10
Last Modified: 10 Mar 2025 02:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24493

Actions (login required)

View Item View Item