PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAMS GAMES TURNAMENTS DI SDN 05 ENAM LINGKUNG

NURHAINI, NURHAINI and Pebriyenni, Pebriyenni and Yulfia, Nora (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL TEAMS GAMES TURNAMENTS DI SDN 05 ENAM LINGKUNG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SDN 05 Enam Lingkung bahwa kurangnya aktivitas dan rendahnya hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran PKn. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model Teams Games Turnaments di SDN 05 Enam Lingkung?.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn melalui model Teams Games Turnaments. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas III yang terdaftar pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 orang siswa terdiri dari 22 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Instrumen penelitian yang di gunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, persentase aktivitas siswa siklus I adalah 53,13% meningkat pada siklus II menjadi 80%. Dilihat dari hasil belajar, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I adalah 71,41% meningkat pada siklus II menjadi 85,47%. Hal ini berarti terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN 05 Enam Lingkung setelah menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Turnaments. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran Teams Games Turnaments untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata Kunci : aktivitas, hasil belajar PKn, model teams games turnaments.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 11 Mar 2025 03:49
Last Modified: 11 Mar 2025 03:49
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24497

Actions (login required)

View Item View Item