PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II-B PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA PERISTIWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN 03 SUNGAI AUR PASAMAN BARAT

Pitriani, Pitriani and Pebriyenni, Pebriyenni and Daswarman, Daswarman (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II-B PADA PEMBELAJARAN IPS TEMA PERISTIWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI SDN 03 SUNGAI AUR PASAMAN BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover- bab i.pdf

Download (490kB)
[img] Text
puull.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (987kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS siswa kelas II-B SDN 03 Sungai Aur, Kabupaten Pasaman Barat. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai dengan hasil ujian mid semester I Tahun Ajaran 2014/2015, hanya 48% siswa yang tuntas. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di Kelas II-B SDN 03 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan pendekatan saintifik di Kelas II-B SDN 03 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas II-B SDN 03 Sungai Aur, yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi ranah Afektif siswa, lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi ranah afektif siswa selama proses pembelajaran IPS diperoleh hasil pada siklus I dengan rata-rata 66 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77,75 Sedangkan persentase siswa yang mencapai KKM 70 pada ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 64 meningkat pada siklus II dengan rata-rata 82. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2025 02:14
Last Modified: 12 Mar 2025 02:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24501

Actions (login required)

View Item View Item