Tasrizal, Tasrizal and Gusnetti, Gusnetti and Siska, Angreni (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN STRATEGI DIRECT READING ACTIVITY SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 26 NANGGALO KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
![]() |
Text
cover -BAB I.pdf Download (162kB) |
![]() |
Text
FULL TEKS.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan membaca siswa kelas IV SDN 26 Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Hal ini disebabkan guru masih menggunakan metode yang bersifat konvensional dan pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga mengakibatkan proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri 26 Nanggalo Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan strategi Direct Reading Activity. Membaca menurut Rahim (2011:3) adalah suatu yang rumit dan melibatkan banyak hal, tidak sekedar melafalkan tulisan, tetapi juga melibatkan kegiatan visual, berfikir, psikolinguistik, dan metakognitif. Sedangkan tujuan membaca menurut Tarigan (2008:9-10) memperoleh dan memperbarui pengetahuan sekaligus mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah dimiliki. Strategi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Strategi Direct reading Activity (DRA), DRA menurut Hamzah dan Nurdin (2011:114) adalah suatu strategi yang digunakan untuk memperluas dan memperkuat kemampuan belajar siswa. Hasil penelitian siklus I diperoleh rata-rata skor persentase kemampuan membaca siswa yaitu teknik membaca siswa 20%, penemuan pokok pikiran 32,5% dan menyimpulkan pelajaran 42,25% serta hasil belajar siswa 66. Pada siklus II rata-rata persentase kemampuan membaca siswa yaitu teknik membaca siswa 75%, penemuan pokok pikiran 82,5% dan menyimpulkan pelajaran 77,75% serta hasil belajar 79. Hal ini berarti target indikator dalam penelitian ini berhasil dicapai dan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan pendekatan Directed Reading Activity berlangsung dengan baik. Kata Kunci: Kemampuan Directed Reading Activity, bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:46 |
Last Modified: | 17 Mar 2025 02:46 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24529 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |