PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATANSAINTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS 4 SD

Sri, Tania Utari and Syafni, Gustina Sari and Rieke, Alyusfitri (2021) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATANSAINTIFIC PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH DI KELAS 4 SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
101. SRI1610013411124 COVER.pdf

Download (18kB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 ABSTRAK.pdf

Download (146kB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
101. SRI1610013411124 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbasis pendekatan saintific pada pembelajaran matematika dengan menggunakan macromedia flash pada materi bentuk-bentuk pecahan untuk siswa kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangkan yang digunakan adalah model 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada tahap ini hanya sampai tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media interaktif berbasis pendekatan saintific dengan menggunakan macromedia flash divalidasi oleh 3 orang dosen, diuji cobakan kepada 1 orang guru dan 5 orang siswa. Berdasarkan penelitian pengembangan media interaktif berbasis pendekatan saintific pada pembelajaran matematika dengan menggunakan macromedia flash di kelas IV SD memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian aspek tampilan yaitu sebesar 87,5%, persentase aspek media sebesar 80% dan persentase aspek bahasa sebesar 85% dengan rata-rata dari ketiga aspek adalah sebesar 84,17%. Kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian aspek dari guru sebesar 98,44% dan kriteria sangat praktis dari aspek penilaian siswa sebesar 94,67% dengan rata-rata dari kedua aspek tersebut sebesar 96,55%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis pendekatan saintific pada pembelajaran matematika dengan menggunakan macromedia flash di kelas IV SD valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah. Kata kunci : Media Pembelajaran, Pendekatan Saintific, Matematika, Macromedia Flash

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:50
Last Modified: 07 Jan 2021 02:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2453

Actions (login required)

View Item View Item