PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED LEARNINGPADA PEMEBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU DIKELAS IV SDN 34 AIR PACAH

Intan, Hasnul Putri and Wince, Hendri and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED LEARNINGPADA PEMEBELAJARAN IPA TEMA 6 CITA-CITAKU DIKELAS IV SDN 34 AIR PACAH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
103. INTAN1610013411024 COVER.pdf

Download (159kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 ABSTRAK.pdf

Download (242kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 BAB I.pdf

Download (303kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (689kB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
103. INTAN1610013411024 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis Open Ended Learning (OEL) untuk kelas IV di SD Negeri 34 Air Pacah yang valid. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan modifikasi model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, development,and diseminate. Instrumen yang digunakan adalah berupa angket yang diisi oleh masing-masing ahli. Validator angket terdiri dari 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli desain dan 1 orang dosen ahli bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh penilaian 3,60, dari aspek tampilan memperoleh penilaian 3,40 dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,90. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran Ilmu Pebgetahuan Alam berbasis Open Ended Learning yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 3,63 dengan kategori sangat valid. Sedangkan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam berbasis Open Ended Learning yang dihasilkan sangat valid digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas IV SD. Kata kunci : Pengembangan Modul, Open Ended Learning, Ilmu Pengetahuan Alam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:13
Last Modified: 07 Jan 2021 03:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2455

Actions (login required)

View Item View Item