PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASISMODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIAN KELAS IV SDN 02 SUNGAI NANAM

Razzaq, Elfian Nur and Wince, Hendri and Zulfa, Amrina (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASISMODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN PELESTARIAN KELAS IV SDN 02 SUNGAI NANAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 Abstrak.pdf

Download (147kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 bab i.pdf

Download (145kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
111. RAZZAQ1510013411007 daftar pustaka.pdf

Download (11kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berbasis Contextual Teaching And Learning pada materi pelestarian sumberdaya alam bagi siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Resesarch and Development (penelitian pengembangan). Modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning ini dikembangkan dengan menggunakan 4-D, namun tahap desseminate tidak dilakukan. Penelitian dilakukan pada semester genap pada tahun ajaran 2019/2020. pengumpulan data dilakukan dengan validasi uji coba modul yang dikembangkan. Rancangan modul yang telah didesain divalidasi oleh dua orang pakar kemudian diuji coba secara terbatas di kelas IV SDN 02 Sungai Nanam untuk mengetahui praktikalitas modul yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa modul pembelajaran IPA berbasis Contextual Teaching And Learning pada materi pelestarian sumberdaya alam bagi siswa kelas IV SD ini berada pada kategori sangat valid dengan rata-rata persentase kevalidan 91,90%. modul yang telah dikembangkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase kepraktisan 93,90%, juga dikategorikan sangat praktis menurut siswa dengan rata-rata persentase kepraktisan 95,96%. Kata Kunci : Modul Berbasis Contextual Teaching And Learning, Valid dan Praktis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 01:50
Last Modified: 08 Jan 2021 01:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2468

Actions (login required)

View Item View Item