PENGEMBANGANMODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY PENDEKATAN INQUIRY PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR 19 KAMPUNG OLO PADANG

Miftahul, Ihdan and Zulfa, Amrina and M., Tamrin (2021) PENGEMBANGANMODUL PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRY PENDEKATAN INQUIRY PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR 19 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 abstrak.pdf

Download (185kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 bab i.pdf

Download (414kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
112. MIFTAHUL1510013411006 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis Inquiry pada tema 2 selalu berhemat energi di kelas IV SD memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 19 Kampung Olo Padang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN19 Kampung Olo Padang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancangmodul ntuk siswa kelas IV SDN 19 Kampung Olo Padang, kemudian moduldivalidasi oleh para ahli sehingga dapat diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru. Validasi dari ketiga validator diperoleh hasil 86% dengan kategori valid, aspek kelayakan isi materi sebesar 83% dengan kategorivalid, aspek bahasa 80% dengan kategori valid, dan aspek penyajian sebesar 95% dengan kategori sangat valid.Sedangkan untuk praktikalitas modul tidak dapat diuji cobakan dikarnakan oleh keadaan viris corona yang sedang melanda. Kata kunci: Berhemat energi, modul,Inquiry, validitas dan praktikalitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:05
Last Modified: 08 Jan 2021 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2469

Actions (login required)

View Item View Item