PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTRAKTIF BERBASIS MODEL DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV SD

Andika, Putra and Hendra, Hidayat and Daswarman, Daswarman (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTRAKTIF BERBASIS MODEL DRILL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV SD. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
113. Andika1610013411073 COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (984kB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
113. Andika1610013411073 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran Matematika materi Bangun Ruang untuk kelas IV SDN 16 Surau Gadang yang memenuhi kriteria kevaliditasan yang sangat valid. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian pengembangan( Research and Deveopment). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, disign, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai di tahap develop dikarenakan keterbatasan waktu dan adanya pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validasi. Media pembelajaran interaktif berbasis model drill pada pembelajaran Matematika divalidasi oleh 2 orang dosen dan 1 orang guru SDN 16 Surau Gadang. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis model drill dengan menggunakan aplikasi Lectora Inspire untuk siswa kelas IV SD menggunakan formula Aiken V memenuhi kriteria valid dengan nilai 0,80 dari aspek materi, 0,82 dari aspek media, serta 0,90 dari aspek penilaian guru. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis model drill memenuhi kriteria sangat valid untuk digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran Matematika khususnya dikelas IV untuk materi Bangun Ruang di Sekolah Dasar. Dengan demikian diharapkan dapat membantu dalam proses pembelajaran pada saat di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas untuk menghasilkan media pembelajaran yang baik bagi peserta didik. Katakunci : Pengembangan, Media Pembelajaran Interaktif Matematika, Model Drill, Lectora Inspire

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 02:32
Last Modified: 08 Jan 2021 02:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2470

Actions (login required)

View Item View Item