PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 39 TANJUNG SABA BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN

Bobby, Pratama Candra and Wirnita, Eska and Zulfa, Amrina and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 39 TANJUNG SABA BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
115. BOBBY1410013411020 COVER.pdf

Download (19kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 Abstrak.pdf

Download (34kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 bab i.pdf

Download (68kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 bab v.pdf

Download (477kB)
[img] Text
115. BOBBY1410013411020 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD pada tema 4 berbagai pekerjaan yang valid, praktis, dan efektif. Teori yang dipakai adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Trianto (2009) tentang pendekatan contextual teaching and learning, pendapat Daryanto (2013) tentang modul. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 39 Tanjung Saba Bayang pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 39 Tanjung Saba Bayang untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancang modul untuk siswa kelas IV SDN 39 Tanjung Saba Bayang, kemudian validasi dari tiga orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 82% dengan kategori cukup valid, aspek bahasa 80% dengan kategori cukup valid, dan aspek tampilan sebesar 81% dengan kategori cukup valid. Maka dapat disimpulkan, modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis contextual teaching and learning dengan materi cerita yang dikembangkan telah valid, sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas IV SD. Kata kunci:bahasa indonesia, contextual teaching and learning,modul, validitas..

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:38
Last Modified: 08 Jan 2021 07:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2473

Actions (login required)

View Item View Item