Ameera Jasmine, Syifa and Elyana, Novira (2025) PERAN OTORITAS JASA KEUANGAN DALAM MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP LAYANAN PENDANAAN BERSAMA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, PERSETUJUAN,ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB 1.pdf Download (861kB) |
![]() |
Text
BAB IV KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
FULLTEXT SKRIPSI SYIFA AMEERA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memberikan perlindungan konsumen terhadap layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi (LPBBTI), baik yang berizin maupun tidak berizin. Layanan pendanaan digital menawarkan kemudahan akses pembiayaan, namun berisiko tinggi terkait penyalahgunaan data pribadi dan praktik penagihan yang tidak etis. OJK berperan penting dalam mengawasi dan mengatur sektor ini untuk melindungi konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan peran OJK dalam melindungi konsumen terhadap LPBBTI berizin dan tidak berizin? (2) Apa saja tantangan yang dihadapi OJK dalam mengawasi perlindungan konsumen di sektor layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis pelaksanaan peran OJK dalam memberikan perlindungan konsumen terhadap LPBBTI; (2) Mengidentifikasi dan mengevaluasi tantangan yang dihadapi OJK dalam mengawasi sektor layanan pendanaan bersama berbasis teknologi informasi.Penelitian ini menggunakan metode hukum normatif dengan pengumpulan data melalui studi dokumen dan analisis kualitatif. Data dikumpulkan melalui analisis peraturan perundang-undangan, literatur hukum, serta berbagai dokumen terkait regulasi LPBBTI.Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang efektivitas peran OJK dan tantangan pengawasan dalam sektor ini, serta memberikan rekomendasi bagi perbaikan regulasi dan pengawasan. Hasil penelitian (1) Pelaksanaan peran Otoritas Jasa Keuangan dalam memberikan perlindungan konsumen terhadap Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (2) Tantangan yang dihadapi Otoritas Jasa Keuangan di sektor Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hukum FH |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 07:07 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 07:07 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/24853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |