Eva, Yuliana and Wirnita, Eska (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MODEL KOOPERATIF SPONTANEOUS TIPE GROUP DISCUSSION BERBANTUAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS IV SDN 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (62kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV di SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi dengan model Kooperatif Spontaneous Tipe Group Discussion pada siswa kelas IV SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis yang dikemukakan oleh Dalman (2016), model Spontaneous Tipe Group Discussion yang dikemukakan oleh Jumingin (2011). Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV.B SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, dan tes siklus keterampilan menulis karangan narasi siswa. Berdasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata presentase aktivitas guru siklus I sebesar 75% meningkat menjadi 87,5% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata presentase Siklus I 69% meningkat menjadi 88% di Siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I, dari 27 orang siswa masih terdapat 12 orang siswa yang belum mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yaitu 80 dan pada siklus II terdapat 3 orang siswa belum mencapai KKTP. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata tes siklus keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I sebesar 77,77 dengan presetase 55,55% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 86,48 dengan presentase 88,88%. Dengan demikian dapat disimpulkan terjadi peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan model Kooperatif Spontaneous Tipe Group Discussion berbantuan media gambar berseri pada siswa kelas IV SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:33 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 02:33 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25279 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |