Gevina, Miftah Hulzannah Hasibuan and Hidayati, Azkiya (2025) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 08 SURAU GADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
new PROPOSAL PENELITIAN - Gevina Miftah Hulzannah HasibuanN ok (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi beberapa kendala dalam metode pembelajaran yang diterapkan. Salah satu kendala utama adalah penggunaan metode ceramah yang berlebihan, yang menyebabkan siswa merasa jenuh dan kurang termotivasi. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran dan kemampuan mereka untuk bekerja sama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 08 Surau Gadang, Nanggalo, Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 25 siswa, dengan rincian 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes membaca pemahaman. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif untuk melihat perkembangan proses pembelajaran guru dan siswa, serta peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 74,21% (kategori cukup), dan meningkat menjadi 84,37% (kategori baik) pada siklus II, menunjukkan peningkatan dalam pemahaman guru terhadap siswa dan penguasaan kelas. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 62,49% (kategori cukup) pada siklus I menjadi 83,33% (kategori baik) pada siklus II, menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dari rata-rata 63,98 pada siklus I menjadi 83,97 pada siklus II, menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap teks bacaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SDN 08 Surau Gadang, Nanggalo, Padang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 03:13 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 03:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25285 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |