PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUESTIONS STUDENTS HAVE DI SDN 14 KOTO PANJANG PAUH PADANG

Dela, Ananda Putri and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2021) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL QUESTIONS STUDENTS HAVE DI SDN 14 KOTO PANJANG PAUH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
3 DELA ANANDA PUTRI 1210013411138 Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS Di SDN 14 Koto Panjang Pauh Padang, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui model Questions Students Have. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 14 Koto Panjang Pauh Padang yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiri atas 16 orang siswa perempuan dan 14 orang siswa laki-laki. Berdasarkan hasil analisis Lembar Observasi Aktivitas siswa dalam Mengemukakan Pendapat dengan tepat pada siklus I persentasenya 37% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 53% dan dalam mengemukakan pendapat dengan kurang tepat sebanyak 27% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 47% pada siklus I persentase siswa yang mengemukakan pendapat dengan tidak tepat sebanyak 10%, Sedangkan pada siklus II tidak ada siswa yang mengemukakan pendapat dengan tidak tepat, Aktivitas Siswa dalam menanggapi pendapat juga mengalami peningkatan peningkatan dengan persentase 38% menjadi 60%, Begitu juga dengan Aktivitas Siswa dalam menanggapi pendapat dengan kurang tepat dari 30% menjadi 40%. Dan pada Siklus II tidak ada lagi siswa yang menanggapi pendapat dengan tidak tepat, dimana pada Siklus I masih terdapat 7%. Berdasarkan diagram peningkatan Aktivitas Guru dari Siklus I ke Siklus II, walaupun pada Siklus I Pertemuan 1 siswa mengalami kebingungan dalam memahami model pembelajaran ini. Ini dikarenakan, peneliti belum terbiasa dengan model ini dan bahasa yang digunakan kurang bisa dipahami siswa. Pada Siklus II, peneliti berusaha memperbaiki hal itu. Usaha tersebut dapat meningkatkan persentase Aktivitas Guru dari 84% menjadi 93%. Pembelajaran dengan menggunakan model Questions Students Have. dapat meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa dikelas V SDN 14 Koto Panjang Pauh Padang. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan jumlah Siswa yang tuntas dari 15 orang siswa yang tuntas pada siklus I meningkat menjadi 28 orang siswa yang tuntas pada siklus II, Dengan rata-rata Hasil Belajar pada Siklus I 72 meningkat pada Siklus II menjadi 79. Kata Kunci :Aktivitas,Hasil Belajar,Model Questions Students Have.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:19
Last Modified: 21 Jan 2021 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2541

Actions (login required)

View Item View Item