PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARANIPA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KELAS V SD N 20 DADOK TUNGGUL HITAM

Reni, Siska and Erman, Har and Zulfa, Amrina (2021) PENGEMBANGANMEDIA PEMBELAJARANIPA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA KELAS V SD N 20 DADOK TUNGGUL HITAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 Cover.pdf

Download (79kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 Abstrak.pdf

Download (124kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 BAB I.pdf

Download (140kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
4 RENI SISKA 1310013411011 Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 pada materi strukturbumi untuk kelas V SD yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8ini dikembangkan dengan menggunakan modelADDIE (Analysis,Design,Develop,Implement, dan Evaluate). Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba media yang dikembangkan. Rancangan media yang telah didesain divalidasi oleh tiga orang pakar kemudian diujicoba secara terbatas di kelas V SDN 20 DadokTunggulHitamuntuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan.Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 pada materistrukturbumi pada kelas V SD ini berada pada kategori valid dari aspek kelayakan isi dengan persentase kevalidan 93%, dan 89% dari aspek penyajian atau desain serta dari aspek bahasa dinyatakan cukup valid dengan persentase kevalidan 67 %. Media yang telah dikembangkandikategorikan sangat praktis oleh guru dengan persentase kepraktisan 97,5%dan menurut peserta didik juga sangat praktis dengan persentase kepraktisan 91,8%. Pembelajaran menggunakan media yang telah dikembangkan dinyatakan efektif hal ini dilihat dengan melakukan uji t terhadap hasil pre-test dan post-test peserta didik. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh ttabel = 2,036 dan thitung = 2,36. Karena thitung > ttabel dimana 2,36 > 2,036 maka H0 ditolakdan H1 diterima.Jadi dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 yang dikembangkan terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Media, Macromedia Flash8.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:22
Last Modified: 21 Jan 2021 03:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item