PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Juni, Arina and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI DI SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 Cover.pdf

Download (46kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 BAB I.pdf

Download (94kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
9 JUNI ARINA 1410013411024 Daftar Pustaka.pdf

Download (29kB)

Abstract

Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VI di SD Negeri 08 Surau Gadang Padang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas VI SD Negeri 08 Surau Gadang Kota Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 08 Surau Gadang dengan jumlah 52 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu kelas VI A dan kelas VI B, dengan menggunakan Random Sampling didapatkan kelas VI A sebagai kelas kontrol dan kelas VI B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan Hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen 82,26 dan nilai rata-rata kelas kontrol 74,80. Hasil itu menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh thitung = 2,20 dan ttabel = 1,67. Jadi, thitung > ttabel pada tingkat kepercayaan 95%. Sehingga hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VI SD Negeri 08 Surau Gadang Padang. Melihat hasil penelitian ini, maka Model Pembelajaran Kancing Gemerincing dapat diterapkan dan dikembangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-Kata Kunci :Kancing Gemerincing, hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 21 Jan 2021 03:40
Last Modified: 21 Jan 2021 03:40
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2547

Actions (login required)

View Item View Item