PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIADI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG

Nani, Sepiana and Wirnita, Eska and Rona, Taula Sari (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIADI SDN 04 KAMPUNG OLO PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 Cover.pdf

Download (84kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
12 NANI SEPIANA 1410013411106 Daftar Pustaka.pdf

Download (100kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 04 Kampung Olo Padangtahun pelajaran 2018/2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah ,model picture and picture menurut Shoimin (2014:122) dengan teori menulis karangan narasi menurut Tarigan (2008:21). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas V SDN 04 Kampung Olo Padang tahun pelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Kampung Olo Padang dengan jumlah 51 orang siswa, yang terbagi ke dalam dua rombel yaitu Kelas VA dan Kelas VB.Penelitian ini menggunakan Random Samplingsehingga terdapat kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data menggunakan uji hipotesis, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian nilai ratarata kelas eksperimen sebesar 79,5 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 67,2. Hasil itu menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan perolehan rata-rata kelas kontrol. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh thitung = 3,86 dan ttabel = 1,66. Jadi, thitung> ttabel pada tingkat kepercayaan 95%. Hipotesis H1 diterima yang berarti bahwa terdapat penerapan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa antara penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional di SDN 04 Kampung Olo Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka model pembelajaran Picture and Picture dapat diterapkan dan dikembangkan untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Kata-Kata Kunci : Picture and Picture, hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:11
Last Modified: 22 Jan 2021 02:11
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item