PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 31 PASAR AMBACANG

Armanda, Surya and Pebriyenni, Pebriyenni and Siska, Angreni (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS VI SDN 31 PASAR AMBACANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 Cover.pdf

Download (40kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 Abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
13 ARMANDA SURYA 1410013411108 Daftar Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN 31 Pasar Ambacang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Probing Prompting dan model pembelajaran konvensional, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar PKn. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 31 PasarAmbacangPadang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VI.A sebanyak 22 orang siswa dan siswa kelas VI.B sebanyak 21orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasilpenelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai ratarata 75,95 dan kelas kontrol nilai rata-rata 65,45). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;41) (2,49>2,0195) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diteima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pembelajaran Probing Prompting berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas VI SDN 31 Pasar Ambacang. Dengan demikian model pembelajaran Probing Prompting diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci :Probing Prompting, hasil belajar PKn

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 02:15
Last Modified: 22 Jan 2021 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item