Aprila, Amanda Putri and Ira Rahmayuni, Jusar (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BANGUN DATAR BERDASARKAN PROSEDUR NEWMAN PADA KELAS IV SD NEGERI 26 TALAMAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx Download (37MB) |
![]() |
Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (136kB) |
![]() |
Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar. Kondisi ini menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar berdasarkan prosedur Newman. Dan untuk mendeskripsikan faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 26 Talamau yang berjumlah 3 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan memberikan tes essay berupa soal cerita dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita bangun datar yang ditemukan adalah (1) subjek dengan kemampuan tinggi melakukan kesalahan pada keterampilan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir (2) subjek dengan kemampuan sedang melakukan kesalahan pada transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir (3) subjek dengan kemampuan rendah melakukan kesalahan memahami masalah, transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir. Adapun presentase jenis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman (1) kesalahan membaca 0%, kesalahan memahami 23%, kesalahan transformasi 27%, kesalahan keterampilan proses 58%, dan kesalahan penulisan jawaban akhir 73 %. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah (1) lupa menuliskan hal yang diketahui dan hal yang ditanya dalam soal (2) kurang teliti dalam menuliskan rumus (3) tidak mampu menginputkan hal yang diketahui kedalam rumus matematika (4) lupa menuliskan kesimpulan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 06:02 |
Last Modified: | 24 Mar 2025 06:02 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |