PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 18 KINALI PASAMAN BARAT

Sri, Rahmadani and Wirnita, Eska (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI PADA SISWA KELAS IV SDN 18 KINALI PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN, PERNYATAAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAN BAB PENDAHULUAN.docx

Download (1MB)
[img] Text
BAB SIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (269kB)
[img] Text
FULLTEKS SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis teks narasi di kelas IV SDN 18 Kinali Pasman Barat yang disebabkan guru masih menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi teks narasi tanpa melibatkan siswa secara aktif dan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi pada Siswa Kelas IV SDN 18 Kinali Pasaman Barat”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup keterampilan menulis oleh Dalman (2018: 3-8), konsep media pembelajaran berdasarkan teori Syarifuddin dkk. (2022: 19-23), penggunaan media gambar seri oleh Anggraini (2017: 11-18), serta teori teks narasi dari Dalman (2018: 105-114). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Metode yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis desain quasi-eksperiment. Populasi penelitian seluruh siswa kelas IV di SDN 18 Kinali Pasaman Barat yang berjumlah 40 orang siswa dimana terdapat 20 siswa kelas IV A dan 20 siswa kelas IV B. Sampel yang diambil menggunakan total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu test. Dari hasil tes ini dilakukan pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji independen sampel t-test/uji-t. Hasil pretest kelas eksperimen yang diikuti oleh 20 siswa, memperoleh nilai rata-rata 57,00. Sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 62,25 dengan jumlah siswa 20 orang. Pada hasil posttest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 87,25. Sedangkan dari kelas kontrol dengan nilai rata-rata 63,25. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh 0,000 nilai signifikan dari hasil uji postest. Jika signifikannya 0,001 < 0,05 maka H₁ diterima dan H₀ ditolak atau sebaliknya. Dapat disimpulakan nilai signifikan yang diperoleh 0,000 < 0,05 maka H₁ diterima dan H₀ ditolak. Jadi terdapat perbedaan antara perlakuan dalam penggunaan media gambar seri dengan tidak menggunakan media gambar seri yang dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Oleh karena itu terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media gambar seri terhadap keterampilan menulis teks narasi pada siswa kelas IV SDN 18 Kinali Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:18
Last Modified: 24 Mar 2025 06:18
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25532

Actions (login required)

View Item View Item