PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG

Fara, Hanim Nofita and Zulfa, Amrina and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN SUDUT KELAS IV SDN 47 KORONG GADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 Cover.pdf

Download (64kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 Abstrak.pdf

Download (79kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
18 FARA HANIM NOFITA 1510013411033 Daftar Pustaka.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media permainan ular tangga pada mata pelajaran matematika materi pengukuran sudut kelas IV SDN 47 Korong Gadang yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Subjek penelitian untuk uji coba produk adalah 6 orang siswa kelas IV B SDN 47 Korong Gadang dan subjek penelitian untuk uji coba pemakaian adalah 33 siswa kelas IV B SDN 47 Korong Gadang. Instrumen penelitian ini adalah angket dan tes. Uji validitas berdasarkan angket validator 1 sebagai ahli media dan angket validator 2 dan 3 sebagai ahli materi. Uji praktikalitas berdasarkan angket praktikalitas guru dan siswa. Uji efektifitas berdasarkan tes hasil belajar kognitif. Teknik analisis data berupa kombinasi deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: (1) Media permainan ular tangga dinyatakan valid oleh validator ahli media dan ahli materi dengan persentase skor 89 %. (2) Media permainan ular tangga dinyatakan sangat praktis oleh guru dan siswa dengan skor persentase sebesar 94 %. (3) Media permainan ular tangga dinyatakan efektif berdasarkan tes hasil belajar siswa dengan persentase skor sebesar 90 %. Media permainan ular tangga diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam mengajarkan materi pengukuran sudut. Kata Kunci : Penelitian Pengembangan, Media Permainan Ular Tangga, Mata Pelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 22 Jan 2021 06:48
Last Modified: 22 Jan 2021 06:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item