Pelaksanaan Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Dalam Menyelesaikan Sengketa Konsumen Melalui Proses Mediasi DI Kota Pariaman

Dovi Angga Prawira Sipayung, Dovi and Suamperi, Suamperi (2025) Pelaksanaan Peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Dalam Menyelesaikan Sengketa Konsumen Melalui Proses Mediasi DI Kota Pariaman. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
PENDAHULUAN FIX.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB IV PENUTUP.pdf

Download (141kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI DOVI ANGGA PRAWIRA SIPAYUNG (21-142).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dalam menyelesaikan sengketa konsumen melalui proses mediasi di Kota Pariaman. BPSK merupakan lembaga yang berfungsi untuk menyelesaikan sengketa antara konsumen dan pelaku usaha di luar pengadilan, sebagai bentuk perlindungan hak-hak konsumen yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Pelaksanaan peran BPSK dalam menyelesaikan sengketa konsumen melalui proses mediasi di Kota Pariaman? 2) Apakah kendala-kendala BPSK dalam menyelesaikan sengketa konsumen melalui proses mediasi di Kota Pariaman? 3)Apa sajakah Upaya yang digunakan BPSK dalam mengatasi kendala-kendala dalam menyelesaikan sengketa konsumen melalui proses mediasi di Kota Pariaman? Jenis penelitian ini adalah yuridis sosiologis. Sumber data meliputi data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan wawancara yang dianalisa secara kualitatif. Hasil penelitian 1) dalam proses mediasi mediator ikut serta dari awal dalam proses mediasi, mediator sebagai penengah atau pihak netral. Keputusan akhir atau kesepakatan berada di tangan kedua belah pihak yang bersengketa 2) kendala dalam proses mediasi yaitu kurangnya pemahaman dan kesadaran pelaku usaha dan konsumen, kesepakatan yang susah didapatkan dan susahnya melakukan sidang mediasi melalui Zoom 3) upaya untuk mengatasi kendala yang dialami dalam proses mediasi yaitu memberikan pemahaman kepada pelaku usaha dan konsumen serta memberikan arahan dan Solusi agar mudah untuk mendapatkan kesepakatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 24 Mar 2025 06:22
Last Modified: 24 Mar 2025 06:22
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25586

Actions (login required)

View Item View Item