HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 10 SURAU GADANG PADANG

Yuni, Serli and M, Tamrin and Ade, Sri Madona (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III SDN 10 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 Cover.pdf

Download (39kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 Abstrak.pdf

Download (71kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 BAB I.pdf

Download (103kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[img] Text
22 YUNI SERLI 1510013411091 Daftar Pustaka.pdf

Download (24kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) motivasi belajar siswa kelas III SDN 10 Surau Gadang Padang, (2) hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 10 Surau Gadang Padang, (3) hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN 10 Surau Gadang Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun jenis penelitiannya adalah penelitian korelasional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 10 Surau Gadang Padang yang berjumlah 247 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling dengan banyak jumlah sampel yaitu 47 orang siswa. Data dikumpulkan dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dengan memperhatikan besar rxy yaitu 0,721 yang besarnya berkisar 0,600-0,799 berati korelasi positif antara variabel X dan variabel Y termasuk korelasi yang kuat dari hasil menggunakan tabel nilai r product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata/mean motivasi belajar siswa kelas III SDN 10 Surau Gadang Padang 75,55, (2) rata-rata/mean hasil belajar siswa kelas III SDN 10 Surau Gadang Padang 73,89, (3) berdasarkan hasil tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini dilihat dari pemakaian rumus product momen yaitu, dengan demikian karena rhitung lebih besar dari rtabel [rhitung 0,721 ≥ rtabel 0,294] maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berarti terdapat korelasi positif yang signifikan antara motivasi belajar(X) dengan hasil belajar (Y) di SDN 10 Surau Gadang. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:46
Last Modified: 26 Jan 2021 07:46
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2569

Actions (login required)

View Item View Item