PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 31 PASAR AMBACANG KOTA PADANG

Nur, Ayani Dian Sari and Pebriyenni, Pebriyenni and M, Tamrin (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 31 PASAR AMBACANG KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 BAB I.pdf

Download (143kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
25 NUR AYANI DIAN SARI 1510013411100 Daftar Pustaka.pdf

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPS SDN 31 Pasar Ambacang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-only control design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Games Tournament, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 31 Pasar Ambacang Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas III.A sebanyak 19 orang siswa dan siswa kelas III.B sebanyak 19 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara total sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 78,9 dan kelas kontrol nilai rata-rata 67,9). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;36) (2,33> 2,02) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran IPS SDN 31 Pasar Ambacang Padang. Dengan demikian model pembelajaran Teams Games Tournament diharapkan supaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penelitian Eksperimen, Teams Games Tournament, hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:57
Last Modified: 26 Jan 2021 07:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2572

Actions (login required)

View Item View Item