PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA DAN KALIMAT UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA TEMA 5 PENGALAMANKU BAGI ANAK KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 31 AMBACANG PAINAN

Ongki, Afdani and Hasnul, Fikri and Hendra, Hidayat (2021) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KATA DAN KALIMAT UNTUK PEMBELAJARAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA TEMA 5 PENGALAMANKU BAGI ANAK KELAS I SEKOLAH DASAR NEGERI 31 AMBACANG PAINAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 Cover.pdf

Download (37kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 Abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img] Text
28 ONGKI AFDANI 1510013411118 Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu kata dan kalimat bergambar pada tema 5 (pengalamanku) untuk kelas I SD yang valid, praktis, dan efektif.Teori yang digunakan sebagai acuan adalah pendapat Iskandar (2009) tentang belajar, pendapat Dewi (2005) tentang membaca, pendapat Sudjana (2007) tentang media pembelajaran, dan pendapat Rahmat (2014) tentang kartu kata sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2018 / 2019. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi dan uji coba media yang dikembangkan. Rancangan media yang telah didesain divalidasi oleh dua orang ahli kemudian diujicoba dalam skala kecil Baru dan diuji cobakan dalam skala besar untuk mengetahui praktikalitas dan efektifitas media yang dikembangkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa; Pertama, proses pengembangan dimulai dari pembuatan produkdan proses pengujian validasi oleh ahli. Tahap selanjutnya dilakukan uji coba skala kecil untuk mengetahui kelemahan, kemudian dilakukan revisi terhadap produk dan dilakukan uji coba dalam skala besar. Kedua,media kartu kata dan kalimat bergambar pada tema 5 (pengalamanku) pada kelas I SDN ini terbukti valid, praktis serta efektif. Hal ini berdasarkan kategori sangat valid dari aspek kelayakan isi (90%), dan dari aspek teknis dan estetika juga sangat valid (91%). Menurut guru, media ini sangat praktis untuk skala kecil dengan persentase (85%) dan dalam skala besar sangat praktis yakni (92,5%). Menurut peserta didik dalam skala kecil yang penyampaiannya menggunakan powert point dikategorikan praktis (81,25%) dan dalam skala besar yang penyampaiannya menggunakan powert point dikategorikan praktis (88,25%).Pembelajaran menggunakan media yang telah dikembangkan dinyatakan efektif dilihat dari hasil tes membaca siswa yang menunjukan banyak yang tuntas dengan kategori penilaian lafal, intonasi, kejelasan suara, kelancaran, dan ketepatan. Jadi dapat disimpulkan bahwa, media kartu kata bergambar yang dikembangkanmembantu siswa dalam pembelajaran membaca dan membantu guru agar efektif menyampaikan pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Pembelajaran Tema 5 (Pengalamanku), Media Kartu Kata dan Kalimat Bergambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Jan 2021 08:18
Last Modified: 24 May 2021 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2577

Actions (login required)

View Item View Item