ANI PUTRI, SILSI and M., Tamrin (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III DI SDN 192/II SUNGAI BULUH KABUPATEN BUNGO. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
![]() |
Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPAS kelas III di SDN 192/II Sungai Buluh Kabupaten Bungo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitiannya menggunakan True Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 192/II Sungai Buluh Kabupaten Bungo yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 44 siswa. Sampel diambil dengan cara sampel jenuh yaitu pengambilan sampel semua populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai di kelas eksperimen sebesar 74,73, sedangkan di kelas kontrol sebesar 70,73. Berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel atau (2,410 > 2,018) dengan taraf signifikan 0,05%. Demikian H0 ditolak. Artinya hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terdapat pengaruh terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas III SDN 192/11 Sungai Buluh Kabupaten Bungo tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 25 Mar 2025 06:14 |
Last Modified: | 25 Mar 2025 06:14 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25830 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |