PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 KUNANGAN PARIT RANTANG KABUPATEN SIJUNJUNG

Aulia Putri, Veza and Darwianis, Darwianis (2025) PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 KUNANGAN PARIT RANTANG KABUPATEN SIJUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only until May 2025.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V.A di SDN 37 Kunangan Parit Rantang Kabupaten Sijunjung. Hal ini disebabkan kurangnya variasi guru dalam menggunakan metode belajar dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan metode Brainstorming kelas V.A SDN 37 Kunangan Parit Rantang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kelas V.A di SDN 37 Kunangan Parit Rantang Kabupaten Sijunjung dengan jumlah siswa 29 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dengan tes akhir. Ketuntasan hasil pembelajaran siswa pada siklus I menunjukkan bahwa persentase hasil pembelajaran aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) siswa sebesar 74,13% dan aspek kognitif tingkat pemahaman (C2) siswa sebesar 63,96% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang siswa sebesar 37,93% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 18 orang siswa sebesar 62,06% dan meningkat pada siklus II aspek kognitif tingkat pengetahuan (C1) sebesar 92,76% dan aspek kognitif tingkat pemahaman (C2) sebesar 83,79% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 27 orang siswa sebesar 93,10% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang siswa sebesar 6,90%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan metode pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa kelas V.A di SDN 37 Kunangan Parit Rantang Kabupaten Sijunjung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 25 Mar 2025 06:15
Last Modified: 25 Mar 2025 06:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/25832

Actions (login required)

View Item View Item