PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS V SDN 09 AIRPURA PESISIR SELATAN

Suci, Laras Sari and Hasnul, Fikri and Hidayati, Azkiya (2021) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK UNTUK SISWA KELAS V SDN 09 AIRPURA PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 Cover.pdf

Download (14kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 Abstrak.pdf

Download (30kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
108 SUCI LARAS SARI 1510013411137 Daftar Pustaka.pdf

Download (76kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD pada tema 9 benda-benda di sekitar yang valid, praktis dan efektif. Teori yang dipakai adalah pendapat Susanto (2013) tentang pembelajaran, pendapat Daryanto (2014) tentang pendekatan saintifik, pendapat Daryanto (2013) tentang modul, dan pendapat Karitas (2017) tentang iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research & Development yaitu penelitian yang mengembangkan atau membuat suatu produk yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di SDN 09 Airpura pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: Pertama, proses pengembangan diawali dengan melakukan observasi di SDN 09 Airpura untuk menemukan potensi dan masalah, dilanjutkan dengan mengumpulkan data dan merancangmodul untuk siswa kelas V SDN 09 Airpura, kemudian moduldivalidasi oleh para ahli sehingga dapat diujicobakan pada skala kecil dengan 6 orang siswa dan skala besar dengan 17 orang siswa untuk mengetahui praktikalitas siswa dan praktikalitas guru serta efektivitas modul. Kedua, validasi dari tiga orang validator diperoleh hasil aspek kelayakan isi sebesar 86% dengan kategori valid, aspek bahasa 96% dengan kategori sangat valid, dan aspek tampilan sebesar 87% dengan kategori valid. Ketiga, praktikalitas siswa pada uji coba skala kecil terhadap 6 orang siswa mendapatkan persentase sebesar 91% dengan kategori sangat praktis, praktikalitas siswa pada uji coba skala besar terhadap 17 orang siswa mendapatkan persentase sebesar 91% yang juga termasuk pada kategori sangat praktis, dan praktikalitas guru mendapatkan persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Keempat, efektivitas media pada skala kecil terhadap 6 orang siswa dengan persentase sebesar 83%dan efektivitas pada skala besar terhadap 17 orang siswa dengan persentase sebesar 76%termasuk pada kategori efektif. Dengan demikian, modul pembelajaran yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif sehingga dapat dijadikan media dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V SD. Kata kunci: bahasa indonesia, modul, validitas, praktikalitas dan efektivitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:50
Last Modified: 28 Jan 2021 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2616

Actions (login required)

View Item View Item