PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMPUTER MODEL TUTORIAL PADA KELAS V DI SD N 06 PANCUNG SOAL PESISIR SELATAN

Mita, Putri Zelta and Hendra, Hidayat and Rona, Taula Sari (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KOMPUTER MODEL TUTORIAL PADA KELAS V DI SD N 06 PANCUNG SOAL PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 Cover.pdf

Download (38kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 BAB I.pdf

Download (101kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
100 MITA PUTRI ZELTA 1510013411120 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis komputer model tutorial pada materi cara tumbuhan hijau membuat makanan untuk siswa kelas V.B SD N 06 Pancung Soal, Pesisir Selatan, yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Media pembelajaran IPA berbasis komputer model tutorial di validasi oleh 2 orang dosen, serta diujicobakan kepada 1 orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran IPA berbasis komputer model tutorial pada siswa kelas V.B SD memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 96,6% oleh ahli materi, kriteria valid dengan persentase 85% oleh ahli media dan kriteria sangat praktis dengan persentase penilaian sebesar 93,8%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis komputer model tutorial memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu media pembelajaran IPA di kelas V.B sekolah dasar. Kata kunci : pengembangan, media pembelajaran IPA, berbasis komputer model tutorial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:47
Last Modified: 03 Feb 2021 03:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2699

Actions (login required)

View Item View Item