PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 11 LUBUK BUAYA PADANG

Helly, Ramadani and Niniwati, Niniwati and Syafni, Gustina Sari (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 11 LUBUK BUAYA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 Cover.pdf

Download (160kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
74 HELLY RAMADANI 1510013411065 Daftar Pustaka.pdf

Download (132kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang masih terpusat oleh guru. Guru kurang mengembangkan model pembelajaran saat proses pelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa ditandai masih adanya siswa yang belum mencapai KKM Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dengan penerapan model pembelajaranTeams Games Tournament berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 11 Lubuk Buaya Padang. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 11 Lubuk Buaya Padang yang terdiri dari empat kelas dengan teknik pengambilan sampel yaitu Random Sampling. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar matematika siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan tes. Tes yang digunakan yaitu tes objektif dan uraian. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar Matematika siswa kelas eksperimen sebesar 86,54 dan pada kelas kontrol yaitu 80,35. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t menunjukkan thitung>ttabeldengan nilai thitung= 3,7066 dan nilai ttabel= 2,015 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitiandisimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament daripada hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan pembelajaran Teams Games Tournament pada proses pembelajaran dengan tahap pelaksanaan yang baik sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 09 Mar 2021 03:00
Last Modified: 09 Mar 2021 03:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3069

Actions (login required)

View Item View Item