PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS di SD NEGERI23 MARAPALAM PADANG

Sari, Oktaviani and Muhammad, Sahnan and Ade, Sri Madona (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS di SD NEGERI23 MARAPALAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 Cover.pdf

Download (65kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 Abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
59 SARI OKTAVIANI 1510013411040 Daftar Pustaka.pdf

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terlihat dari nilai ujian MID semester 1 siswa pada pembelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran two stay two strayterhadap hasil belajar siswakelas III padamatapelajaran IPS SDNegeri23 Marapalam Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain” posttest-onlycontrol design”. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran two stay two stray, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPS. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDNegeri 23 Marapalam Padang pada tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas III.A sebanyak 32 orang siswa dan siswa kelas III.B sebanyak 32 orang siswa. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu dengan cara sampling jenuh. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar IPS siswa ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol (kelas eksperimen nilai rata-rata 75,4 dan kelas kontrol nilai rata-rata 71,4). Secara uji statistik harga thitung> t(0,05;62) (3,38 >1,999) dengan taraf (α = 0,05) maka hipotesis H1 diterima. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran two stay two stray berpengaruh terhadap hasil belajar siswakelas III padamatapelajaran IPS SDNegeri23 Marapalam Padang. Dengan demikian model pembelajaran two stay two straydiharapkansupaya dapat digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Mar 2021 04:16
Last Modified: 10 Mar 2021 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item