PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Utari, Dwi Santri and Zulfa, Amrina and Yulfia, Nora (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SUBTEMA MERAWAT TUMBUHAN UNTUK SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 Cover.pdf

Download (70kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 Abstrak.pdf

Download (188kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 BAB I.pdf

Download (189kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (869kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
53 UTARI DWI SANTRI 1510013411024 Daftar Pustaka.pdf

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik yangvalid, praktis dan efektif pada pembelajaran tematik subtema merawat tumbuhan untuk siswa kelas Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. Data dikumpulkan melalui angket dan tes hasil belajar. Rancanga LKPD yang telah dirancang divalidasi oleh 4 orang guru SD dan 1 orang dosen. Analisis data validitas menunjukka nbahwa LKPD yang dihasilkan dalam kategori sangat validdenganpersentasekevalidan 91,2%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa LKP yang dihasilkan dalam kategori sangat praktis dengan persentase kepraktisan 92,5% oleh guru dan 89,2% oleh siswa dengan kategori praktis. Pembelajaran menggunakan LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan sudah efektif hal ini dilihat pada hasil belajar siswa, dimana ketuntasan klasikalnya adalah 92,59%. Jadi, dapatdisimpulkan bahwa LKPD berbasis Pendekatan Saintifik yang dikembangkan telah valid, praktis dan efektif. Sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar untuk mengajarkan pembelajaran tematik sub tema merawat tumbuhan untuk siswakelas II. Kata kunci : LKPD, PendekatanSaintifik, PembelajaranTematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:24
Last Modified: 12 Mar 2021 02:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3090

Actions (login required)

View Item View Item